Artikel

5 Penyebab Gagalnya Bisnis yang Mungkin Tidak Disadari

Tahukah Anda, menurut statistik dari Small Business Administration, 2 dari 3 usaha hanya sanggup bertahan paling lama dua tahun saja? Tidak hanya itu, sekitar 50% bisnis umumnya akan mengalami kegagalan di tahun pertama.

Tentunya ada banyak faktor yang menyebabkan peluang usaha yang sudah Anda realisasikan jatuh sebelum berkembang pesat. Simak beberapa penyebab kegagalan bisnis yang mungkin tidak Anda sadari berikut ini:

  1. Mengacuhkan Kebutuhan dan Keinginan Konsumen

Dalam dunia bisnis, kebutuhan konsumen adalah salah satu prioritas yang wajib diperhatikan. Apa yang akan terjadi kalau Anda menciptakan produk yang tampaknya bagus, tapi nyatanya tak memenuhi minat atau kebutuhan konsumen? Bisa dipastikan bisnis Anda jalan di tempat, sebelum akhirnya mengalami kebangkrutan. Maka sebelum melakukan tahap produksi, Anda disarankan untuk melakukan riset pada kebutuhan masyarakat terkini dan target pasarnya.

  1. Terlalu Terpusat Pada Pengembangan Produk

Fokus pada proses produksi, terutama pengembangan produk memang hal baik supaya produk yang dihasilkan memenuhi ekspektasi. Sayangnya, sebagian pelaku bisnis terlalu memusatkan perhatiannya terhadap produk yang sedang mereka ciptakan. Jika Anda terlalu larut dalam tahap ini, maka Anda juga akan kehilangan kepekaan pada elemen-elemen penting lainnya seperti lingkungan pasar, keberadaan di luar perusahaan, hingga pesaing usaha Anda.

  1. Mengalami Ketakutan yang Amat Berlebihan

Pebisnis harus berani mengambil setiap keputusan dengan risikonya. Di sisi lain, rasa takut terhadap kebangkrutan, kerugian, reaksipelanggan yang buruk, dan kesulitan menemukan solusi masalah juga tak sepenuhnya salah selama masih di batas wajar. Sayangnya, ada segelintir orang yang mengalami ketakutan berlebih, sehingga sikap mereka menjadi hambatan besar bagis bisnis itu sendiri untuk berkembang dan lambat laun malah membawa kehancuran.

  1. Kurang Mengawasi Pergerakan Kompetitor

Keberadaan kompetitor dalam sebuah bisnis memang diperlukan agar Anda terus berinovasi dan dapat menjadikan mereka studi kasus untuk produk selanjutnya. Akan tetapi, beberapa pengusaha cenderung mengabaikan pesaing mereka dan malah tak mengawasi pergerakannya di pasaran. Tindakan cuek ini akan membawa bisnis Anda ke jurang kebangkrutan, apalagi kalau pesaing-pesaing Anda menggunakan gagasan bisnis Anda untuk dikembangkan menjadi lebih baik.

  1. Tidak Mengikuti Perkembangan Teknologi

Pastinya penting bagi pelaku usaha untuk mengikuti perkembangan teknologi di era moders seperti saat ini. Nah, sayangnya, segelintir brand bisnis malah mengabaikan hal ini dan menganggap teknologi hanya akan menaambah biaya besar dari operasional mereka. Padahal, sekarang sudah ada teknologi berbasis komputasi cloud yang justru dapat menghemat pengeluaran Anda. Seperti Microsoft Office 365 yang khusus untuk membuat bisnis Anda semakin profesional. Pemakainnya yang praktis semakin memudahkan Anda dalam merancang strategi pemasaran hingga mempromosikan produk untuk menarik hati para pelanggan dan tentunya menyelamatkan bisnis Anda.

Teknologi dapat memberikan manfaat positif untuk perkembangan bisnis Anda. Dengan Office 365, teknologi informasi dalam bisnis Anda akan jadi lebih modern. Baiknya lagi, Office 365 memberikan fitur untuk hampir semua jenis pengguna, stabil, terpercaya, dan memberikan nilai yang amat besar.

Buktikan sendiri dengan platform komunikasi, kolaborasi, dan produktivitas yang tepat untuk bisnis Anda — ayo klik di sini.


Sumber : Microsoft, 2017
Share this Post