Artikel

Pilih Aplikasi Penunjang Bisnis yang Menjamin Privasi Anda

Dalam menjalankan bisnis, privasi menjadi hal penting yang harus dimasukan ke dalam daftar prioritas. Anda mungkin bekerja sama dengan banyak pihak, tetapi ada dokumen-dokumen penting yang harus dijauhkan dari jangkauan publik. Untuk memudahkan penyimpanannya, Microsoft menghadirkan sebuah program bernama OneNote. Sebagian orang mungkin kurang familier dengan program tersebut, tetapi Anda akan sangat tertolong begitu mengetahui fitur-fiturnya, terutama untuk menjaga privasi.

Secara garis besar, OneNote seperti buku agenda dalam versi digital. Fitur yang disediakan OneNote tidak hanya berkisar para tulis-menulis, tetapi juga membuat tabel hingga grafik! Bahkan Anda dapat memanfaatkannya untuk catatan rapat bersama klien dan kepentingan bisnis lainnya.

Seperti program-program teranyar dari Microsoft, OneNote juga tersinkronisasi secara online. Hal inilah yang perlu Anda waspadai, karena kalau tidak diatur dengan benar, privasi Anda di dunia maya berisiko bocor. Sebagai pengusaha pintar, Anda tak mau dokumen penting tentang bisnis sampai bocor ke tangan kompetitor, bukan? Maka dari itu, pelajari terlebih dahulu tentang privasi dari Microsoft dan pengelolaannya terhadap OneNote.

Pemakaian Informasi Pribadi dalam Microsoft

Microsoft menggunakan data-data pribadi yang Anda masukkan untuk mengaktifkan beberapa fitur, jadi Anda juga tak akan kesulitan saat hendak mengaksesnya. Selain itu, Microsoft juga dapat melakukan pembaruan hingga perbaikan untuk meningkatkan kualitas. Data-data personal juga memudahkan para pengguna untuk berkolaborasi. Jika ingin menghapusnya, Anda tinggal menghilangkan data-data tadi pada metadata program.

Namun, Microsoft tak akan pernah membagikan data pribadi kepada pihak ketiga tanpa persetujuan dari Anda. Sebenarnya, Mocrosoft juga menyewa perusahaan untuk membantu kebutuhan pelanggan, tetapi mereka hanya memberikan data yang diperlukan saja. Microsoft juga senantiasa meminta perusahaan-perusahaan tersebut untuk menjaga rahasia. Di sisi lain, data Anda kadang dibutuhkan untuk beberapa hal penting yang mungkin saja berkaitan dengan ranah hukum.

Privasi untuk OneNote dan Penggunaannya

Seperti yang telah disebutkan, OneNote menyediakan fitur yang mengharuskan perangkat terhubung dengan internet dan meminta Anda untuk memasukkan atau berbagi data pribadi. Ketika program tadi terkoneksi dengan server Microsoft, maka informasi dari perangkat Anda akan terkirim pula ke website yang sedang Anda akses. Produk perangkat dan nomor versinya mungkin akan tercatat, tetapi informasi pribadi Anda akan tetap aman.

Di kemudian hari, Microsoft bisa saja melakukan perubahan pada beberapa URL dari layanan internet yang tersedia. Mereka juga akan mengunduh file pada sistem perangkat Anda untuk memastikan tidak ada layanan yang terganggu. Selain itu, OneNote juga akan menerima URL teranyar yang dibutuhkan untuk mengaksesnya.

Menggunakan OneNote untuk bisnis sebenarnya sangatlah mudah dan dengan jaminan Microsoft akan privasi, Anda tak sepatutnya untuk khawatir. Meski begitu, akan lebih baik kalau Anda memilah terlebih dulu data yang akan disimpan pada OneNote dan di program yang lain. Jika tak ingin terkoneksi terus dengan internet, Anda juga bisa mengaturnya pada setting OneNote atau koneksi Microsoft. Nikmati kemudahan OneNote yang bisa Anda dapatkan dalam Microsoft Office 365 di sini !


Sumber : Microsoft, 2017
Share this Post