Artikel

Cegah Email Anda Masuk Spam di Office 365 dengan Cara Ini

Apakah Anda pengguna Office 365 dan pernah menemukan email masuk sebagai spam, padahal email tersebut harus dibaca dan dibalas? Ya, salah satu faktor yang kerap menyebabkan hal tersebut adalah alamat IP pengirim yang terdeteksi sebagai spam, sehingga dimasukkan ke daftar blacklist.

Untuk menghindari kesalahan tadi agar tidak terjadi lagi, Office 365 menyediakan fitur antispam yang bisa Anda aktifkan. Selain itu, Office 365 juga mempunyai Exchange Online Protection (EOP) atau Exchange Protection, yaitu sebuah layanan yang dapat melakukan filter atau penyaringan terhadap email yang termasuk ke dalam spam atau tidak.

Berikut ini ada panduan singkat dan mudah bagi Anda yang ingin menghindari kesalahan penandaan terhadap email di Office 365.

  1. Memanfaatkan Sinkronisasi Direktori Pada EOP

EOP merupakan layanan berbasis awan (cloud service) yang dapat menyaring dan melindungi email dari ancaman seperti malware dan spam. Jika Anda mempunyai kotak email pada Office 365, maka dipastikan kotak tersebut telah mendapatkan proteksi dari EOP yang merupakan bagian dari Office 365. Kalau Anda hanya berlangganan EOP, Anda harus melakukan sinkronisasi terlebih dahulu terhadap direktori. Cara ini ditempuh untuk memastikan dan memverifikasi Anda sebagai pengirim aman sesuai aturan EOP. Lantas Anda juga harus mampu mengatur email yang dilindungi EOP.

  1. Mencegah False Positive dengan Menyaring IP

Seperti yang telah disebutkan, alamat IP dari pengirim email yang terkena false positive bisa menjadi satu faktor terkuat mengapa emailnya masuk ke kotak Spam. Untuk menghentikannya, daftarkan alamat IP dari pengirim tersebut ke dalam penyaring IP, sehingga false positive pun secara langsung bisa dicegah. Pengecualian dapat terjadi kalau pengguna tak memungkinkan adanya pilihan daftar aman untuk email dari pengirim atau domain pada daftar aman atau penerima tepercaya yang akan dikirim ke kotak masuk. Terkadang, false positive masih terjadi walau Anda sudah melakukan penyaringan terhadap alamat IP dan hal ini bisa terjadi karena Anda salah atau melupakan pemilihan opsi.

  1. Melakukan Konfigurasi Pada Kebijakan Filter Spam

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonfigurasi kebijakan pada filter Spam yang terdapat dalam email. Maka Anda harus melakukan peninjauan untuk memeriksa dan memastikan false positive terhadap alamat email Anda. Dalam hal ini, Anda bisa menerapkan konfigurasi terhadap kebijakan penyaringan spam dan menonaktifkan opsi tambahan seperti filter spam tingkat lanjut. Karena ternyata, fitur tersebut meningkatkan kemungkinan false positive yang lebih besar.

Itu dia sekilas informasi terkait cara mencegah agar email Anda tidak ditandai sebagai spam pada Office 365. Ya, Office 365 memang membuat kerja jadi makin efektif dan cepat. Selain aplikasi Office, email, dokumen penting, kontak, dan kalender di Microsoft Office 365 sudah bisa di akses di semua platfotm terbaru seperti PC, Macintosh, serta iPhone, Android. Untungnya, kini Anda bisa mendapatkan penawaran menarik Microsoft Office 365 dengan harga terjangkau. Klik di sini untuk informasi selengkapnya!


Sumber : Microsoft, 2018
Share this Post