Artikel

Waspadai Bahaya Serangan Malware pada Komputer Anda!

Seperti halnya manusia pada umumnya, teknologi pun dapat terserang virus dan salah satunya adalah Malware. Bahaya ancaman Malware memang suatu hal yang paling dihindari masyarakat. Hal ini disebabkan karena Malware sendiri mampu merusak sistem komputer, terutama pada program dan juga software di perangkat Anda. Malware yang merupakan singkatan dari Malicious Software ini merupakan mampu mencari kelemahan serta merusak program dalam komputer Anda.

Bahaya Malware

Jika komputer terserang Malware, maka Anda harus waspada dan segera lakukan pembersihan dengan antivirus yang ampuh. Jika tidak maka akan banyak sekali program, aplikasi, software, dan bahkan data di dalam komputer yang rusak dan hilang dengan sendirinya. Akan menjadi masalah besar ketika data atau program yang rusak sangat penting dan berhubungan dengan pekerjaan atau bisnis Anda.

Biasanya ancaman Malware bisa masuk dari internet, kemudian menyebar ke dalam sistem komputer. Bahaya dari serangan Malware memang menimbulkan risiko dan dampak buruk yang luar biasa. Bahkan pada tahun 2000 terjadi serangan Malware dengan nama virus ILOVEYOU yang merusak jutaan komputer perusahaan ternama di Amerika, salah satunya milik CIA.

Jenis-jenis Malware

Perlu Anda ketahui kalau ada banyak sekali jenis dari Malware yang dapat menyerang komputer, antara lain sebagai berikut:

  1. Worm

Jenis ini dapat menyebar ke dalam sistem komputer dengan sangat mudah karena sifatnya yang dapat berdiri sendiri. Bahaya yang ditimbulkan akibat serangan Malware berjenis worm adalah mematikan sistem keamanan antivirus sehingga dapat menyerang program dengan lebih mudah.

  1. Virus

Virus merupakan jenis Malware yang paling sering dijumpai dan didapati banyak orang pada komputer atau laptopnya. Virus sendiri lebih sering mengancam dokumen atau file dan sangat mudah menular melalui flasdisk.

  1. Wabbit

Ciri komputer yang terserang Malware wabbit adalah sistem kerjanya lambat, sering error, dan kapasitas penyimpanan tiba-tiba penuh.

  1. Keylogger

Kalau Keylogger lebih sering didapatkan lewat jaringan internet, terutama pada warnet-warnet umum.

  1. Trojan

Trojan juga sering dijumpai karena sifatnya yang mengelabuhi dalam bentuk program atau aplikasi tertentu. Program tersebut akan mungkin terlihat aman tetapi ketika diinstal dan dibuka malah mengandung banyak sekali Trojan.

Cara Mencegah Malware

Selain menggunakan antivirus, Anda juga harus melakukan beberapa tindakan pencegahan lain. Hal ini dikarenakan ternyata antivirus saja tidak mampu membunuh dan mencegah ancaman Malware pada komputer. Beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah:

  1. Jangan sembarangan membiarkan flashdisk sembarangan keluar komputer atau laptop Anda.
  2. Gunakan password untuk melindungi komputer dan laptop dari cyber crime atau tindak kejahatan lainnya.
  3. Gunakan lebih dari satu antivirus sebagai tindakan pencegahan, kemudian Anda harus rutin mengupdate program antivirus agar proteksinya lebih canggih.

Ancaman Malware memang terkadang tidak bisa dihindari walaupun sudah memiliki sistem keamanan atau antivirus yang cukup bagus. Tapi Anda tidak perlu khawatir, ada banyak cara pencegahan yang dapat dilakukan,salah satunya menggunakan Office 365 dengan proteksi khusus untuk email agar terhindar dari ancaman Malware. Dapatkan penawaran Microsoft Office 365 dengan harga terjangkau di sini!


Sumber : Microsoft, 2017
Share this Post