Artikel

Begini Cara Mengubah Catatan DNS dengan Office 365

Dalam berbisnis di era digital, sebagai pengusaha pintar tentunya Anda perlu memiliki nama domain atau Domain Name System (DNS) untuk mengakses jaringan internet yang lebih luas. Terkadang ada berbagai alasan yang mengharuskan Anda untuk menambahkan atau mengedit ulang catatan DNS. Mungkin Anda ingin melakukan pengalihan data dalam internet ke laman situs yang sekarang sedang Anda akses. Apalagi kalau untuk keperluan perusahaan yang terkadang tidak bisa diprediksi.

Mengubah Catatan DNS dengan Office 365

Mungkin banyak orang mengira kalau catatan pada DNS tidak bisa diedit atau bahkan diubah karena sudah paten dan dicatat oleh internet. Akan tetapi, Anda dapat melakukan hal tersebut kapan saja dengan sangat mudah melalui Microsoft Office 365. Caranya simpel yaitu dengan menambah nama domain dan mengalihkan catatan pada servernya ke sistem Office 365.

Bagaimana caranya? Ya, mengedit atau mengubah catatan DNS sebelumnya melalui Microsoft Office 365 dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah berikut:

  1. Log in seperti biasa pada Office 365 dengan menggunakan akun kantor, pribadi, atau sekolah yang telah Anda miliki.
  2. Setelah itu, yang harus dilakukan adalah masuk ke bagian “domain” yang terletak di deretan menu bagian kiri.
  3. Saat sudah masuk pada halaman “domain”, maka pilih lah lagi menu “domain” yang nantinya akan menampilkan menu “add domain” dan “buy domain”.
  4. Untuk melakukan edit catatan DNS maka Anda harus klik bagian pengaturan DNS. Pilihlah menu “catatan kustom” lalu kemudian “catatan kustom baru”.
  5. Jika sudah melakukan hal tersebut maka Anda baru bisa memilih tipe catatan DNS yang ingin ditambahkan. Ada kolom lain tersedia dimana Anda dapat menuliskan informasi mengenai catatan DNS yang baru.
  6. Apabila semuanya sudah diisi maka hal terakhir adalah menyimpannya.

Dengan menggunakan fitur ini, maka bukan hanya sekali atau dua kali saja, tapi Anda dapat menambahkan beberapa akun domain pada Office 365. Tapi perlu diingat kalau batasan untuk entri DNS yang dapat Anda tambahkan maksimal hanya sampai 50 domain saja. Apabila Anda ingin menambahkan lagi maka otomatis harus menghapus beberapa nama domain yang lama.

Hal Lain yang Dapat Dilakukan Office 365

Jangan kaget melihat kecanggihan dari versi Microsoft Office terbaru yang satu ini karena ada banyak sekali fasilitas dan fitur unggulan. Selain mengubah catatan DNS, dengan Office 365 Anda juga ternyata mampu mengubah catatan server nama domain atau NS. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat mengubah alamat dari situs web atau URL, memperbaharui catatan CNAME, menambahkan rekaman SPF pada domain, serta mengedit catatan MX.

Itulah mengenai cara melakukan edit dan juga mengubah nama domain yang digunakan sebelumnya. Jadi, Anda tidak perlu susah payah membuat DNS baru karena hal tersebut tentu saja akan merepotkan dan kurang efisien. Dengan bantuan Microsoft Office versi 365 maka melakukan edit dan bahkan mengubah catatan DNS menjadi lebih efektif. Dengan begitu, kegiatan dan urusan bisnis akan berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Semua keuntungan ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan lisensi Office 365 untuk transformasi digital yang lebih terintegrasi. Simak informasi lengkap dan dapatkan Microsoft Office 365 sesuai kebutuhan bisnis Anda di sini.


Sumber : Microsoft, 2017
Share this Post