Artikel

Email di Office 365 Lebih Aman dengan SafeColor-Code

Kejahatan di dunia cyber semakin beragam seiring berkembangnya teknologi. Tak terkecuali email yang berisiko diserang malware, spamming, maupun phishing. Sekali salah klik saja dapat membawa virus dan ancaman-ancaman lainnya, yang bisa membahayakan email hingga komputer Anda. Data-data yang disimpan bisa jadi hilang hingga dicuri oleh oknum tertentu dan diselewengkan untuk kegiatan berbahaya.

Namun, Anda dapat mencegahnya dengan menggunakan program tepercaya dan terkini dari Microsoft, yakni Office 365. Baru-baru ini, Office 365 memperkenalkan sebuah fitur yang mampu melindungi email secara berlapis dari kejahatan cyber, yaitu SafeColor-Code di bagian Exchange Protection yang dapat melindungi email Anda secara otomatis. Dengan perlindungan ini, pesan-pesan yang masuk ditandai sesuai warna. Ada empat warna yang mewakili kategori Tepercaya, Aman, Mencurigakan, dan Tidak Diketahui.

SafeColor-Code, Mengetahui Tingkat Keamanan E-mail Lewat Warna

Kategori berbasis warna ini dikenal juga dengan sistem safeColor-Code yang mempunyai level proteksi untuk menganalisis pola data di antara jutaan email yang masuk. Sistem tadi akan mengidentifikasi e-mail yang mengandung konten malware, spam, hingga phishing. Sehingga Anda pun akan terhindar dari virus atau ancamana lainnya yang akan membahayakan komputer.Microsoft diprediksi hanya akan menambahkan fitur dan layanan tersebut untuk informasi yang benar-benar dibutuhkan.Berikut ini adalah kategori warna dari SafeColor-Code dan artinya.

  • Merah

Warna ini akan menandakan pesan-pesan dengan konten Mencurigakan. Email-email ini dianggap sebagai spam, malware, hingga phishing yang sebaiknya tidak Anda buka untuk menjaga keamanan. Abaikan saja atau kalau bisa segera hapus setelah Anda menerima email yang diberi tanda warna merah oleh Exchange Protection.

  • Kuning

Email yang mendapatkan warna kuning dari Exchange Protection adalah pesan dengan level keamanan Tidak Diketahui. Untuk memastikan apakah email tadi aman dibuka atau tidak, Anda mungkin tidak perlu cemas kalau pengirimnya ternyata dari seseorang yang dikenal. Namun, tidak sedikit email yang ditandai warna kuning dianggap sebagai spam yang tak terlalu berbahaya.

  • Hijau

Pesan berwarna hijau aman untuk dibuka. Bahkan kalau ada pesan Tepercaya yang masuk ke kategori warna kuning, Anda dapat memindahkannya ke kategori warna hijau. Sebelum memberikan warna hijau, Micosoft akan memastikan kalau email tersebut berasal dari sumber yang aman dan tak akan berbahaya kalau Anda buka.

  • Abu-abu

Terakhir, email dengan tanda warna abu-abu lolos dari penyaringan spam dan dianggap sebagai pesan Aman. Selain tidak membahayakan bagi Anda, pengirim email tersebut berada di daftar tepercaya. Akan tetapi, tak sedikit pula pesan Aman yang masuk ke Kotak Sampah, jadi Anda harus memeriksanya kalau email yang ditunggu tidak ada di Kotak Masuk.

Menggunakan email di Office 365 untuk keperluan bisnis sehari-hari tentunya lebih aman, bukan? Apabila Anda tertarik dengan berbagai fitur istimewa lainnya dari Office 365, Anda bisa mendapatkan penawaran Microsoft Office 365 Bisnis dengan harga terjangkau di sini.


Sumber : Microsoft, 2017
Share this Post