Artikel

Jangan Lewatkan 9 Tips Cermat Menggunakan Microsoft Outlook Ini

Apakah Anda pengguna Office 365 dan Outlook? Microsoft Outlook merupakan salah satu program dari Microsoft yang banyak digunakan untuk mengatur email serta kalender dimana Anda dan rekan – rekan bekerja. Walaupun Anda kerap sekali memakai program ini, tetapi, Anda pasti kurang menyadari apa saja fitur – fitur penting di dalamnya. Dan, ini sangat miris sekali. Untuk membantu Anda dalam menggunakan Outlook 2016 di Office 365, Anda bisa memperhatikan beberapa tips dibawah ini.

Menghindari Pengetikan Berulang

Jika Anda memerlukan penggunaan teks yang sama secara berulang – ulang, maka Anda bisa menyimpannya sebagai bagian dari Quick Parts yang akan Anda masukkan di dalam email. Untuk melakukannya, Anda bisa membaca teks keseluruhan di jendela composer, pindah ke tab Insert, dan klik Quick Parts dan kemudian pilihlah Save di bagian galeri Quick Parts. Di lain waktu, saat Anda mengetik frasa, maka Anda akan melihatnya sebagai saran yang muncul secara tiba – tiba. Pilihlah itu untuk memasukannya. Anda dapat memilih teks melalui dropdown Quick Parts dan klik kanan pada bagian teks untuk menempatkan pilihan atau untuk mengedit dan mengelola Quick Parts.

Buatlah Pesan Bersama atau Lebih Baik Pakailah Mail Sortr

Memiliki banyak email dan harus melacaknya menjadi pekerjaan yang amat sulit. Outlook berfungsi untuk mengelompokkan email menjadi percakapan sehingga hanya dalam satu klik saja bisa menampilkan semua pesan yang terkait dalam satu waktu. Anda mengaturnya baik secara global ataupun dalam satu boks email saja dengan cara mengklik tab View dan kemudian Show as Convesations ataupun memilih opsi Arrange by pada bagian atas daftar pesan. Solusi terbaiknya adalah bisa memakai Mail Sorter untuk membuat kotak masuk khusus untuk melihat pesan prioritas yang masuk ke dalam Inbox Mail Sortr. Mail Sort ini memungkinkan Anda untuk memfilter email yang penting.

Mengotomatiskan Tugas Rutin dan Pengarsipan

Bila Anda harus menyelamatkan tugas rutin dan melakukan pengarsipan, Outlook 2016 ini sangat tepat untuk difungsikan. Sebagai pengusaha pintar, Anda bisa melakukan langkah cepat dengan membuat rangkai langkah khusus untuk memindahkan, mengkategorikan, menandai, dan menghapus pesan dalam hanya satu ketukan mouse saja dengan fitur Outlook di Office 365.

Mengirimkan Pesan pada Tanggal dan Waktu Yang Akan Datang

Anda mungkin ingin membagikan berita dalam waktu yang tidak dekat tetapi juga tidak segera. Maka penggunaan Outlook menjadi sangat membantu. Outlook bisa membantu Anda mengirimkan email di waktu – waktu tertentu di masa yang akan datang.

Membuat Folder Pencarian

Anda bisa mencari sesuatu dengan folder pencarian yang dibuat dengan Outlook. Folder pencarian ini berguna untuk membantu Anda mencari template ataupun dokumen yang Anda butuhkan. Tinggal ketika search folder dan membuka tab Folder lalu klik New Search Folder untuk membuat folder yang baru.

Memblokir Email Yang Tak Diinginkan

Jika Anda memperoleh email spam yang diinginkan di kotak masuk Anda, maka Anda ingin segera memblokirnya. Anda bisa memanfaatkan Outlook 2016 di Office 365 untuk memblokir email dari pengirim yang tak diinginkan.

Menyaring Email

Bila Anda tertarik untuk menemukan email tertentu yang disimpan di dalam file, Anda bisa memanfaatkan fitur Outlook 2016 dengan memakai opsi dropdown filter. Pilihlah opsi menu yang langsung memfilter kota surat untuk menampilkan file email tertentu.

Membuat Janji dan Email Secara Instan

Bila Anda ingin bertemu dengan seseorang, maka Anda bisa mengiriminya email dan membuat janji satu sama lain. Anda bisa memanfaatkan Outlook. Anda bisa melakukan kedua hal dengan Outlook dengan memakai opsi item baru di Beranda dengan membuka interface Outlook dan mengklik kanan pada ikon Outlook untuk membuat janji atau email secara instan.

Mengirim Teks SMS dari Outlook

Pengiriman pesan teks SMS bisa dilakukan langsung ke kontak. Anda hanya perlu mendaftar dengan layanan perpesanan pihak ketiga. Untuk memakai opsi ini, Anda bisa memilih menu New Items di tab Beranda dan kemudian pilihlah Pesan Teks. Anda bisa mengirimkan teks SMS dari Outlook di Office 365.

Bagaimana? Semoga tips ini membantu Anda dalam mengelola dan menyusun email Outlook di Office 365. Dapatkan Microsoft Office 365 Bisnis dengan penawaran menarik sekarang juga!


Sumber : Microsoft, 2017
Share this Post