Artikel

Kiat Menciptakan Lingkungan Kerja yang Efektif di Era Digital

Setiap hari, para pekerja di Indonesia bisa bekerja antara 8-9 jam dengan lingkungan yang menuntut produktivitas, kreativitas, hingga kestabilan emosi. Biasanya hal ini dialami oleh bisnis kecil, menengah, hingga perusahaan yang lebih besar sekali pun. Di era digital sekarang ini, setiap pebisnis pasti ingin menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan hal itu bisa diwujudkan dengan beragam cara, diantaranya:

Merayakan momen spesial

Meski terkesan sepele, merayakan momen spesial dari setiap individu yang ada di lingkungan kerja, secara tidak langsung akan meningkatkan produktivitasnya. Dengan pemberian perhatian yang cukup, karyawan yang bersangkutan bisa teralihkan sejenak dari aktivitas padat yang dimiliki dan terkadang metode ini bisa memberi gagasan kreatif yang berguna dalam mengembangkan bisnis Anda.

Kantor yang nyaman dan sehat

Ada cara lain yang dipercaya mampu meningkatkan kesehatan dan produktivitas para karyawan Anda di tempat kerja. Cara ini cukup sederhana, yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat yang berhubungan dengan sanitasi ruangan, pencahayaan, peletakkan furnitur, dan pengaturan akses karyawan. Dengan suasana yang nyaman dan kondusif, karyawan Anda tidak akan mudah merasa stres dan tertekan dengan pekerjaan sehari-hari. Sebaliknya, mereka akan mulai mencari ide atau inovasi yang berguna dalam mempertahanan kondisi yang sudah ada.

Fleksibilitas waktu

Meski tidak bisa semua pelaku bisnis bisa menerapkannya, Anda bisa mencoba gaya out of the box dengan membiarkan karyawan Anda memilih satu hari dimana dirinya bisa beraktivitas diluar kantor untuk meningkatkan perolehan inspirasi yang berguna untuk inovasi bisnis Anda. dengan bekerja di suasana yang baru, terkadang seorang karyawan yang sebelumnya mengalami stress psikis bisa kembali menemukan passion yang dikejarnya selama bekerja.

Komunikasi yang baik

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan komunikasi untuk mengemukakan pendapat dan memperoleh solusi dari masalah yang dimilikinya. Oleh karena itu, komunikasi dua arah sangat penting dibangun untuk menciptakan atmosfer kerja yang baik. Anda bisa menjadi sosok yang memfasilitasi ide, keluhan, saran, maupun pertanyaan yang dikemukakan oleh rekan kerja dan memberi solusi terbaik untuk setiap masalah yang terjadi.

Membangun tim yang solid

Dalam dunia bisnis, umumnya seseorang harus mampu bekerja sendiri maupun bekerja tim dan dalam sebuah tim, setiap individu yang tergabung didalamnya pastilah memiliki poin kekuatan masing-masing yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Ketika Anda memiliki tim yang terdiri dari beragam karakter dan ingin menjadikannya sebagai tim yang solid, bangun keberanian dan semangat orang-orang didalamnya dengan melakukan beberapa hal, seperti makan bersama, mengadakan event bersama dalam rangka mempererat komunikasi antar individu, membagi hobi, dan berbagi saran.

Fasilitas lengkap

Untuk menjamin kinerja dari waktu ke waktu, akan lebih baik jika Anda juga memperhitungkan masalah pemeliharaan sarana dan prasarana yang ada di perusahaan, termasuk hardware dan software yang digunakan di dalam perusahaan. Nah, Microsoft Office 365 memberikan solusi bagi kinerja perusahaan Anda agar lebih produktif dengan memberikan kemudahan bagi karyawan. Office 365 menghadirkan aplikasi Office terbaru yang lengkap dan dapat diakses kapan dan di mana saja.

Dengan aplikasi yang termasuk dalam bundling Office 365, Anda dan karyawan Anda bisa saling berbagi data dan dokumen hanya dengan satu kali klik, tidak perlu saling bertemu, dan pekerjaan bisa tetap diselesaikan meski Anda atau karyawan Anda sedang di luar kota. Anda pun bisa mengadakan rapat dengan para karyawan tanpa harus duduk bersama di ruang rapat yang membosankan, rapat bisa dilakukan dengan cara konferensionline, memanfaatkan penyimpanan berbasis cloud yaitu OneDrive untuk saling berbagi data, dan semuanya bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Jalani bisnis dengan tepat dan coba Office 365 di sini!


Sumber : Microsoft, 2017
Share this Post