Artikel

5 Alasan Kenapa Anda Harus Memulai Bisnis Berbasis Cloud

Kini cloud computing alias komputasi awan semakin ramai dibicarakan di mana-mana. Ya, secara umum cloud computing merupakan pemanfaatan teknologi komputer yang berbasis internet di mana semua data dapat disimpan pada server yang ada di internet. Penggunaan cloud computing ini pun akan sangat membantu operasional perusahaan Anda.

Buktinya, saat ini sudah banyak pebisnis yang mulai beralih dari metode konvensional menjadi teknologi cloud. Tidak hanya itu, makin banyak juga peluang bisnis yang terbuka berkat pemanfaatan cloud computing. Sekarang makin bertambah saja deretan perusahaan yang mulai membangun model usaha mereka dengan mengandalkan layanan cloud computing, misalnya Spotify.

Apakah Anda baru mau mulai berbisnis? Butuh tips khusus? Nah, berikut ini adalah 5 alasan pengusaha pintar mulai mengaplikasikan cloud dalam bisnis mereka:

Fleksibilitas yang Tinggi

Teknologi cloud memberikan fleksibilitas melalui kemudahan data akses kapan dan di mana saja, asalkan Anda terkoneksi dengan internet. Apa gunanya membeli memori fisik untuk menyimpan data jika kita dapat menyimpannya secara virtual? Dengan cloud, Anda bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan data secara mudah tanpa perlu membeli hard disk eksternal.

Privasi Data dan Keamanan Terjamin

Anda tentu memerlukan teknologi server yang mampu melindungi data di mana pun data diakses, bukan? Dengan menggunakan cloud Anda tida perlu khawatir soal privasi, karena keamanan data dapat disimpan dengan aman melaui server yang difasilitasi oleh penyedia layanan cloud computing, yaitu jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dan sebagainya.

Pemanfaatan Sumber Daya Lebih Maksimal

Layanan cloud dapat membantu menjaga kelangsungan bisnis Anda melalui fitur-fitur yang optimal. Dengan begitu, seagai pebisnis Anda jadi lebih fokus pada hal-hal penting tanpa terganggu masalah operasional. Baiknya lagi, para pekerja Anda juga memiliki lebih banyak waktu untuk bekerja secara optimal, serta memberikan potensi keuntungan yang lebih untuk perusahaan.

Hemat Biaya dan Investasi Jangka Panjang

Manfaat cloud computing tentu dapat Anda nikmati dalam jangka panjang. Apalagi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembelian inventaris seperti infrastruktur dan hard disk. Anda pun hanya dikenakan biaya rendah untuk kompensasi rutin per bulan atau sekali bayar, sesuai dengan paket layanan yang telah disepakati dengan penyedia layanan cloud computing. Jadi, biaya royalti atas lisensi software otomatis berkurang karena semua dijalankan dengan komputasi berbasis cloud.

Data adalah aset berharga untuk Anda dan perusahaan. Itulah kenapa penting bagi Anda untuk memastikan bahwa data Anda aman, privasi data terlindungi, serta memastikan bahwa Anda memiliki kontrol dan kepemilikan atas data secara konsisten sesuai dengan ekspektasi. Salah satu layanan cloud computing yang dapat memenuhi kebutuhan Anda adalah Microsoft Azure.

Layanan Microsoft Azure telah tersertifikasi ISO 27001, yang menjamin bahwa data Anda aman, serta ISO 27018 yang membuat Anda nyaman. Microsoft menjamin bahwa hanya Anda yang memiliki akses terhadap data tersebut. Baiknya lagi, salah satu keunggulan menggunakan Azure adalah beralihnya biaya modal menjadi operasional. Anda pun dapat berlangganan lewat pembayaran per bulan atau Pay As You Go (tanpa bayar di depan, langsung pakai).

Punya pertanyaan seputar Microsoft Azure? Sampaikan melalui link di sini.


Sumber : Microsoft, 2017
Share this Post