Artikel

7 Strategi Ampuh untuk Meningkatkan Peluang Bisnis di Era Digital

Membangun bisnis sebenarnya memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Bila Anda memiliki relasi dan mitra kerja yang luas, maka bisnis tersebut akan berkembang pesat. Hal ini berbeda bila Anda tak memiliki relasi yang luas maka bisnis akan sulit untuk berkembang cepat. Jaringan berbisnis amat diperlukan untuk mempercepat perkembangan bisnis yang Anda jalankan. Untuk meningkatkan peluang bisnis di era digital, Anda bisa mulai dengan menerapkan berbagai tips berikut ini.

Menghadiri Berbagai Workshop dan Seminar

Di era digital ini, tak ada salahnya untuk menghadiri berbagai workshop dan seminar yang diadakan oleh institusi-institusi yang kredibel. Cara ini merupakan yang terbaik untuk memperluas jaringan dan relasi bisnis Anda. Anda bisa menghadiri berbagai acara informal ataupun formal. Di acara tersebut, Anda dapat mengenal dan bertukar ide dengan orang baru yang mungkin akan memberikan masukan tepat bagi bisnis Anda.

Manfaatkan Content Marketing

Tahukah Anda bahwa konten artikel, video, maupun aplikasi yang ditambahkan di berbagai toko online bermanfaat untuk meningkatkan kunjungan pelanggan ke situs Anda? Ya, Anda tidak perlu heran jika saat ini pelaku bisnis toko online yang sengaja menambahkan konten di situsnyaa untuk meningkatkan kunjungan konsumen secara rutin.Baiknya lagi, tambahan konten yang kreatif dan banyak dicari orang juga mampu mengoptimalkan situs Anda di pencarian Google.

Saatnya Beralih ke Mobile Marketing

Makin banyaknya pengguna smartphone mau tidak mau memicu para pelaku bisnis untuk mulai menyesuaikan diri. Itulah mengapa saat ini para pebisnis mengubah tampilan situsnya menjadi mobile friendly untuk memudahkan pengunjung yang datang ke situs mereka. Strategi yang satu ini cukup penting karena sudah banyak masyarakat yang melakukan transaksi jual beli online melalui smartphone mereka.

Optimalkan Integrated Digital Marketing lewat Media Sosial

Salah satu contoh integrated digital marketing yang berhasil adalah Google yang mencoba menciptakan Google Plus sebagai media sosial bagi penggunanya. Tahukah, Anda? Melalui cara ini, Google menawarkan layanan optimal untuk penggunanya supaya tidak beralih dari situs pencarian yang banyak digunakan masyarakat di seluruh dunia itu.

Konsisten Menampilkan Visual yang Mencerminkan Identitas Bisnis Anda

Tampilan atau visual adalah salah satu hal yang efektif untuk menarik perhatian calon pelanggan Anda. Artinya, Anda harus konsisten dalam urusan desain promosi dari produk-produk Anda sebelum diunggah ke media sosial dan website, termasuk urusan tone warna, hingga font yang digunakan. Menjaga konsistensi visual yang kreatif tentu menjadi nilai plus bagi bisnis Anda.

Melakukan Promosi dengan Memanfaatkan Influencer di Media Sosial

Popularitas para influencer yang memiliki banyak followers di media sosial belakangan ini mendorong sederet brand ternama untuk bekerja sama dengan mereka. Tak cuma menghemat biaya untuk membayar iklan di Facebook atau Instagram, Anda bisa membayar influencer untuk menulis status tentang produk atau jasa yang Anda pasarkan. Dengan begitu, mereka akan mempengaruhi teman-teman dan para followers merekauntuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda. Pastikan influencer yang Anda pilih sesuai dengan target konsumen produk Anda, ya.

Gunakan Office 365 untuk Memaksimalkan Kinerja Anda

Tentunya penting bagi pelaku usaha untuk mengikuti perkembangan teknologi di era digital seperti saat ini. Sayangnya, segelintir pebisnis mungkin masih mengabaikan hal ini dan menganggap teknologi hanya akan menambah biaya operasional mereka. Padahal, sekarang sudah ada teknologi berbasis komputasi cloud yang justru dapat menghemat pengeluaran Anda. Seperti Microsoft Office 365 yang khusus untuk membuat bisnis Anda semakin profesional. Pemakainnya yang praktis semakin memudahkan Anda dalam merancang strategi pemasaran hingga mempromosikan produk untuk menarik hati para pelanggan dan tentunya menyelamatkan bisnis Anda.

Buktikan sendiri dengan platform komunikasi, kolaborasi, dan produktivitas yang tepat untuk bisnis Anda. Saatnya Anda mencoba Microsoft Office 365 gratis selama satu bulan di sini!


Sumber : Microsoft, 2017
Share this Post