Artikel

7 Tips Keamanan Data untuk Bisnis Kecil dan Menengah

Keamanan data merupakan salah satu hal penting yang perlu dijaga oleh sebuah perusahaan. Untuk bisnis berskala besar atau perusahaan dengan jaringan luas, prioritas keamanan pasti selalu diupayakan melalui sistem yang optimal. Biasanya pula, optimalisasi sistem keamanandata itu ditopang oleh pendanaan yang besar. Hal itu pula yang kerap menimbulkan rasa minder bagi para pelaku bisnis kecil dan menengah. Sedangkan dampak dari kurangnya pendanaan untuk sistem keamanan data itu ialah kebocoran yang berpengaruh kerugian besar bagi pelaku bisnis kecil dan menengah.

Padahal, berbagai ancaman keamanan data itu bisa dipicu oleh beragam sebab mulai dari ulah hacker, malware, pembobolan kartu kredit, karyawan yang curang, kehilangan dokumen, kehilangan perangkat, atau insiden tertentu yang merugikan perusahaan.

Sebenarnya untuk urusan optimalisasi keamanan data itu masih bisa ditangani lebih hemat. Memang ada biaya yang dibutuhkan namun tidak akan sampai menguras modal besar. Di bawah ini ada 7 tips praktis keamanan data yang bisa diterapkan bagi pelaku bisnis kecil dan menengah.

  1. Mengecek Latar Belakang Karyawan Baru

Perusahaan punya hak untuk mengecek latar belakang karyawan yang baru masuk. Tujuannya adalah menyeleksi tak hanya dari kualitas, namun bagaimana ia kelak bisa dipercaya dalam kerangka operasional perusahaan.

  1. Mengamankan Laptop dan Dokumen Secara Fisik

Pastikan bahwa semua akses laptop dan perangkat perusahaan menggunakan password, dan disimpan di tempat yang aman. Termasuk juga semua dokumen cetak yang penting. Teliti dan disiplin menyimpan perangkat dan dokumen akan mengoptimalkankeamanan data.

  1. MenghancurkanHard Copy Dokumen Lama

Selain untuk efisiensi ruang kerja yang lebih nyaman, semua bentuk dokumen lama yang sudah tak terpakai seharusnya tidak selamanya disimpan. Jangan buang di tempat yang dianggap aman, tapi langsung musnahkan.

  1. Menggunakan Koneksi Wireless yang Aman

Ini adalah level keamanan yang sangat sederhana. Lindungi koneksi wireless dengan menggunakan proteksi password. Selain itu, ada baiknya memberi himbauan agar karyawan Anda berhati-hati saat mengakses data kantor di tempat umum dengan wifi publik.

  1. Update Software

Cara ini pun sangat mendasar dan sederhana. Kebanyakan perusahaan kecil dan menengah lupa untuk meng-update software mereka. Alasannya karena pemakaiannya yang tidak terlalu intensif atau kebutuhan yang tak begitu besar. Jangan abaikan hal tersebut dan selalu update software termasuk antivirus.

  1. Menggunakan Password Aman dan Mengganti Secara Rutin

Sudah pasti Anda harus membuat dan menggunakan password yang aman. Namun itu saja tak cukup karena password itu harus diganti secara berkala. Penggantian password secara berkala menjamin sistem keamanan yang lebih optimal.

  1. Back-up Data

Setiap risiko sekecil apapun bisa terjadi. Dan kalau sampai terjadi ancaman keamanan yang mengincar data perusahaan Anda, mustahil membayangkan bisa mengembalikan semua data yang sudah hilang. Oleh karena itu, sering-seringlah melakukan back-updata demi keamanan perusahaan yang dikelola.

Demi keamanan yang optimal, kebutuhan operasional di perusahaan pun harus ditunjang oleh aplikasi dan sistem terbaik. Pengelolaan bisnis akan lebih aman dan nyaman jika memakai aplikasi dan software yang tepat. Oleh sebab itu, Office 365 merupakan solusi terbaik untuk mempraktikkan penerapan sistem keamanan data bagi setiap bisnis.

Menggunakan Office 365 untuk keperluan bisnis sehari-hari tentunya lebih mudah dan aman, bukan? Apabila Anda tertarik dengan berbagai fitur istimewa lainnya dari Office 365, Anda bisa mendapatkan penawaran Microsoft Office 365 Bisnis dengan harga terjangkau di sini !


Sumber : Microsoft, 2017
Share this Post