Artikel

5 Keamanan Bawaan Office 365 yang Perlu Anda Ketahui

Dengan terus berinovasi selama 20 tahun terakhir, Microsoft selalu berusaha untuk menghadirkan produk-produk terbaik, baik fitur offline maupun online. Untuk menjamin data diri dan informasi yang Anda simpan, Office 365 dilengkapi proteksi berlapis yang dirancang berdasarkan Microsoft Security Development Lifecycle.

Dalam layanan online yang sedang berkembang pesat, Office 365 memakai cara pendekatan pertahanan secara menyeluruh untuk menyediakan pengoperasian terbaik. Selain itu, program ini pun menghadirkan kontrol admin dan pengguna tingkat perusahaan untuk menunjang keamanan. Berikut ini ada lima garis besar keamanan bawaan Office 365:

Keamanan Fisik

Dari segi keamanan fisik, Office 365 melakukan pengamanan selama 24 jam pada data pribadi Anda. Pengamanan pada jaringan internal pun dipisahkan dari jaringan eksternal. Kemudian, ada juga fitur keamanan Office 365 yang mampu memperlihatkan lokasi dari data pengguna secara spesifik.

Keamanan Logis

Lockbox yang terdapat dalam Office 365 memperketat proses keamanan dan membatasi akses pada siapa pun yang berusaha mengakses data pribadi Anda. Untuk menunjang proteksi ini, server hanya mengoperasikan laman yang masuk daftar tepercaya untuk mengurangi risiko dari serangan malware berbahaya. Fitur keamanan ini juga mengawasi ancaman tertentu dengan melakukan antisipasi terhadap akses yang dianggap mencurigakan atau berbahaya.

Keamanan Data

Data Anda adalah hal utama yang sangat dilindungi Office 365. Itulah kenapa terdapat enskripsi dalam ruang penyimpanan sebagai proteksi utama Office 365. Ketika enkripsi tadi transit dengan SSL/TLS, maka data Anda akan tetap terjaga selama ditransmisi ke pihak Microsoft. Kemudian, ada pula pengaturan untuk memantau keamanan, integritas data, hingga melindungi dari segala ancaman pada data Anda. Selain itu, terdapat juga Exchange Protection yang merupakan proteksi pada email Anda.

Kontrol Pengguna

Office 365 memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk mengirimkan email terenkripsi kepada siapa pun. Ada pula yang disebut sebagai Rights Management, yang digabungkan dengan enkripsi pesan untuk mencegah data Anda hilang. Bagi Anda yang ingin mengakses email berbasis sertifikat, ada S/MIME yang akan menjaga keamanan data. Sedangkan Azure Rights Management disediakan sebagai antisipasi akses tingkat dokumen yang tidak memiliki kredensial.

Kontrol Admin

Akses melalui ponsel atau tablet akan dilindungi oleh multi-factor authentication pada Office 365. Kontrol admin ini pun dapat mencegah hilangnya informasi serta data sensitif ke pengguna lain. Pengaturan aplikasi Office 365 di ponsel pun akan selalu terjaga melalui fitur ini. Terakhir, ada proteksi tambahan seperti antivirus maupun antispam untuk melindungi privasi dan data Anda.

Ya, itulahgaris besar Office 365 dengan proteksi berlapis, untuk melindungi privasi dan data Anda. Masih ragu pakai Office 365 untuk memudahkan kinerja bisnis Anda sehari-hari? Dapatkan penawaran menarik Microsoft Office 365 dengan harga terjangkau di sini.


Sumber : Microsoft, 2017
Share this Post